Rabu, 28 Mei 2014

contoh transkip penelitian kualitatif

B. Transkrip (Hasil Indepth Interview) 1. Indepth Interview Kepada Informan Subyek 1 Saya melakukan indepth interview kepada seorang mahasiswa yang mengikuti sebuah organisasi bernama Siti Alvi Rochmatin pada hari juma’at, tanggal 09 Mei 2014 pukul 16.23 WIB. Jangka waktu wawancara yang saya lakukan yaitu selama 09 menit, 21 detik. Wawancara tersebut saya lakukan di dalam ruang bacaan lantai tiga perpustakaan kampus B Universitas Airlangga, yang beralamat di JlN. Dharmawangsa dalam, Surabaya. Ketika melakukan wawancara bersama Siti Alvi Rochmatin keadaan di sekitar ruangan lantai tiga lumayan banyak pengujung namun suasana dalam ruangan tidak terlalu berisik, pada saat sebelum melakukan wawancara Siti Alvi sedang kumpul kelompok sehingga untuk tidak menggangu anggota kelompok yang lain kami mencari tempat yang agak jauh sehingga tidak mengganggu. A:selamat sore, maaf sebelumnya soalnya mengganggu kegiatan mbak buat wawancara B: gak apa-apa kok (tersenyum) A: saya, ingin mewawancarai seputar kegiatan mahasiswa yang mengikuti kegiatan UKM atau organisasi yang ada kampus. Sebelumnya kalau boleh tahu nama lengkapnya siapa? B: Siti Alvi Rochmatin A: jenis kelamin B: perempuan A: kalau boleh tau agama yang dianut apa? B: islam A: daerah asal dari mana? B:nganjuk, Jawa Timur A: status sekarang sebagai apa ya? B: Mahasiswa aktif A: angkata kulia tahun berapa? B: 2012 A: tempat tanggal lahir ? B: nganjuk, 05 juli 1994 A: alamat tempat tinggal sekarang ? B: karang menjangan 8 A: kalo boleh bias di ceritakan riwayat pendidikan? B: tk ra kartini, terus sd negeri 1 Jambi, smp di smp negeri 1 tanjunganom terus sma negeri 1 prambon dan sekarang di universitas airlangga sekarang ini sejak tahun 2012. A: oyah, organisasi yang diikuti sekarang apa ya ? B: kalau sekarang ada tiga, yang pertama SKI, AUBMO, sama mahasiswa NU ranting wonokromo A: karena organisasi yang diikuti banyak jadi saya tanyanya tentang AUBMO aja ya mbak. Jabatnnya dalam organisasi AUBMO sebagai apa? B: sebagai mentri pengabdian masyarakat (sambil tersenyum) A: lama mengikuti organisasi ini sudah berapa lama? B: sudah dua tahun berjalan sampai sekarang A: kalau menurut mbak organisasi itu apa ? B: organisasi itu adalah sebuah keluarga, ya itu mengayomi yaitu tempat kita pulang tempat di saat penat dan tempat kita mencurahkan semua tempat perasaan kita, organisasi itu membentuk sebuh karakter kita yang lebih baik sebuah kepemimpinan dan sebuah apa ya,, sebuah hal yang lebih indah dari kulia. (sambil tertawa) A:terus tadikan di bilang kalau membentuk sebuah kepemimpinan yang lebih indah dari kulia, menurut mbak sendiri fungsi organisasi khususnya AUBMO itu apa? B: menurutku organisasi itu fungsi utamanya adalah memberi pelayanan kepada masyarakat umumnya dalam hal ini adalah mahasiswa itu aja sih,, pelayanan publik lebih tepatnya. A: terus kalau kinerja pengabdian masyarakat di AUBMO itu seperti apa? B: pengabdian masyarakat itu sendiri adalah dimana kita merasakan apa yang dirasakan orang lain, dimana melihat kepedulian mahasiswa itu kepada masyarakat, misalkan saja kita itu kaya membentuk desa atau membentuk desa binaan atau membat suatu daerah itu lebih produktif dari daerah sebelumnya dan kita membantu mahasiswa sesame mahasiswa pada umumnya itu apabila mereka terkena sutu musihba ataupun hal-hal yang lainnya dimana kita ehh,,, terutama sih,, itu kaya kita mencurahkan perhatian kita kepada mereka yang sedang membutuhkan bantuan kita, kaya anak jalanan ma anak panti asuhan yang tidak seberuntung kita, itu aja. A: dari pengabdian masyarakat ini apa aja yang sudah di terapkan? B: bidik misi goes to school, camp pengabdian bidik misi, panti binaan sama bidik misi mengajar tarsus bidik misi peduli pendidikan itu sebagian kecilnya. A: terus dari kegian-kegiatan yang mbak sebut tadi manfaat apa saja yang sudah di rasakan? B: kalau manfaat sih,, lebih tepatnya merasakan apa yang meraka rasakan itu yang pertama, dan yang kedua adalah eh,, bersyukur aja kalau kita itu lebih beruntung dari pada mereka dan dimana kita memanfaatkan itu pada porsinya jadi bidik misi dari masyarakat dan di kembalikan pada masyarakat. A: kalau menurut kamu ilmu yang di dapat di kelas sama organisasi mana yang lebih di pentingkan? B: kalau aku organisasi ya,, karena ,,, “boleh di jelaskan”? A: boleh kok B: karena menurut ku kulia itu bukan berati harus mendapatkan ip yang tinggi bukan juga berate mengandalkan nilai akademik yang tinggi tapi lebih kepada softskill jadi ketika kalian, kita semua di perusahaan, gak mungkin kita di tanya ipk berapa pasti di tanya adalah seberapa besar pengalaman mu disini dan relasi situ sangat di butuhkan sehingga organisasi itu mungkin memberikan relasi yang sangat penting buat kita sehingga ibarat porsi mungkin organisasi itu lebih kepada 60% sedangkan kulia itu 40%. A: ketika kegiatan organisasi yang di jalani sekarang bertabrakan dengan waktu perkuliahan, bagaimana kamu mengatasinya? B: kalau aku gk memilih keduanya, jadi kalau misalkan ada ketabrakan kitakan punya delegasi kita punya anak, kita punya staf, kita mempunyai teman andaikan organisasi itu mengadakan acara kita memberikan amanah pada orang-orang yang kita percaya, napa kita harus menyelesaikan itu semua sendiri, gak mungkin kan,,??dan kalau gak ada delegasi mungkin organisasi itu tetap menjadi yang utama tapi kalau ada delegasi kita harus kulia, karena yah tujuan utama kita adalah kulia yah mungkin standar 40% itu adalah sebagai standar aja mungkin secara fungsional kita pun juga memperhatikan analisis vote yang ada. A: ow jadi gak pernah ada masalah antara waktu kulia dan berorganisasi? B: bukannya gak ada tapi saya menggunakan waktu untuk 3 kali tidak hadir secara semaksimal mungkin itu saja sih,,, A: jadi hambatan waktunya gak ada? B: hambatanya ada tapi yah kalau saya jadi pj mungkin saya akan meninggalkan pelajaran tapi ketika bukan pj saya lebih memilih kulia, kalau sekarang saya mentri jadi hanya memantau saja dan member amanah saja, jadi ketika ada tabrakan memrlukan analisis yang kuat biar tau mana yang lebih membutuhkan kita A: motifasi mbak mengikuti organisasi AUBMO itu apa ya? B: pertama motifasi saya adalah agar mendapat saudara yang kedua relasi dan yang ketiga adalah belajar bekerja dalam masyarakat yang sesungguhnya, dan agar saat bekerja kita tidak kaget dengan lingkungan-lingkungan yang sepeerti itu yah,, yang mungkin jauh sangat berbeda dengan apa yang di teorikan dalammata kulia kita. A: sekian wawancaranya terimakasi atas waktunya, maaf mengganggu. B: sama-sama 2. Indepth Interview Kepada Informan Non-Subyek 1 Saya melakukan indepth interview kepada Vika Jessy Sihgyanti yang merupakan teman dekat dan teman satu angkatan dan satu jurusan dari mahasiswa yang sedang mengikuti organisasi bernama Siti Alvi Rochmati, Vika Jessy Sihgyanti ini saya jadikan sebagai informan non-subyek karena dia mengetahui beberapa hal mengenai temannya tersebut dan memang merupakan teman dekat yang sering di ajak curhat tentang organisasi yang sedang di jalani oleh Siti Alvi Rochmati itu sendiri. Wawancara ini saya lakukan pada hari jumat, tanggal 09 mei 2014 pukul 15.09 WIB. Jangka waktu wawancara yang saya lakukan yaitu selama 07 menit 45 detik. Wawancara tersebut saya lakukan di salah satu depan ruang 307 lantai 3 gedung A FISIP UNAIR di depan pintu jadi wawncara di lakukan sambil lesehan di lantai luar kelas. Ketika wawancara di depan kami, tepat di dalam ruang 307 ada kumpulan anak-anak yang sedang rapat, dibelakang saya ada teman saya yang hanya berdiri di depan pintu, namun dia hanya melihat wawancara kami dan tidak berbicara apapun berkaitan dengan pengumpulan data yang saya lakukan. Suasana ketika saya wawancara tersebut cukup tenang hanya sesekali terdengar suara anak-anak dari dalam kelas yang sedikit keras dan suara orang yang lewat di samping kami. Adapun data yang saya peroleh dari hasil wawancara tersebut yaitu: A: Permisi ya, maaf ya mengganggu soalnya ini mau melakukan wawancara sama kamu tapi ini terkait Siti Alvi Rochmati, bisa kan? B: gapapa ngel (sambil tertawa) A: tapi kalau boleh tau nama lengkapnya siapa? B: Nama lengkap saya Vika Jessy Sihgyanti A: jenis kelamin B: perempuan A: kalau boleh tau agama yang dianut apa? B: islam A: Alamat sekarang dimana? B: Alamat rumah di tambak bayan tengah no 37 A: jadi disini gak kos ya? B: gak, tinggal sama orang tua (sambil tertawa) A: status sekarang sebagai apa ya? B: Mahasiswa aktif A: angkata kulia tahun berapa? B: 2012 A: terus tempat dan tanggal lahir sampean? B: Surabaya, 06 mei 1994 A: bisa ceritakan tentang pendidikan? B: dulu tk di tk putri budi sejati, sd negeri bubutan III no 71 surabaya terus smp negeri 4 surabaya terus sma di sma negeri 1 surabaya dan sekarang di fisip unair jurusan administrasi negara. A: Kalau boleh tahu sejak berapa lama sudah mengenal Siti Alvi Rochmati? B: kalau temanan udah lama ngel, tapi deket bangetnya masih dua bulanan ini (sambil tertawa) A: vika, organisasi yang di ikuti sekarang ada gak? B: gak ada A: gini eh,, sebelum tanya ke alvi. Menurut kamu organisasi itu apa sih? B: ehm,, organisasi itu sekumpulan orang yang lebih dari satu terus sama-sama mempunyai visi misi guna mencapai tujuan bersama. A: menurut vika organisasi itu penting gak sih? B: penting (sambil mengangguk) A: vika tau alvi mengikuti organisasi AUBMO itu sejak kapan? B: taunya sih dari semester dua, sekalian dia ikut ski juga A: menurut vika, seberapa aktifnya alvi dalam berorganisasi? B: ia diakan pengmas terus dia itu dalam kehidupan sehari-harinya sih baik, maksudnya yah,, benar-benar senang terjun ke masyarakat menurut ku. Dan memang karakternya itu udah kelihatan banget kalau dia senang ke masyarakat, mungkin hobi atau apa y,, karakterlah A: tadi itukan organisasi, kalau akademik di kelas dia alvi itu seperti apa? B: kalau di kelas bagus sih,, A: pernah tau gak soal organisasi yang bertabrakan dengan jam samapi dia gak sempat kulia? B: pernahla,, kadang kalo dia suntuk yah ngajak bolos yah wess (sambil tertawa-tawa) A: seberapa sering sih kaya gitu? B: lumayan, tapi yah pernah A: ok,,, itu dulu pertanyaan saya makasih yah.sorry ganggu B: ia sama-sama gak papa kok   3. Indepth Interview Kepada Informan Subyek 2 Saya melakukan indepth interview kepada seorang mahasiswa yang mengikuti sebuah organisasi bernama Herfina Tedjo Warsito pada hari sabtu, tanggal 10 Mei 2014 pukul 19.30 WIB. Jangka waktu wawancara yang saya lakukan yaitu selama 11menit, 15 detik. Wawancara tersebut saya lakukan di dalam kamar kos informan yang beralamat di Jl. Karang menjangan 6 no.34, Surabaya. Ketika melakukan wawancara, herfina ditemani oleh teman sekamarnya yang bernama Arya, namun dia hanya menonton televise dan hanya sesekali melihat wawancara kami dan tidak berbicara apapun berkaitan dengan wawancara yang saya lakukan dengan herfina. Suasana ketika saya wawancara tersebut tidak terlalu berisik namun hanya ada suara televisi yang berasal dari dalam kamar kos informan. Adapun data yang saya peroleh dari hasil wawancara tersebut yaitu: A: selamat malam, maaf mengganggu ada gak wakunya buat di wawancara : B: ada (sambil tersenyum) A: saya, ingin mewawancarai seputar kegiatan mahasiswa yang mengikuti kegiatan UKM atau organisasi yang ada kampus. Sebelumnya kalau boleh tahu nama lengkapnya siapa? B: Herfina Tedjo Warsito A: jenis kelamin B: perempuan A: kalau boleh tau agama yang dianut apa? B: katolik A: daerah asal dari mana? B: Mojokerto, Jawa Timur A: status sekarang sebagai apa ya? B: Mahasiswa aktif A: angkata kulia tahun berapa? B: 2012 A: tempat tanggal lahir ? B: Surabaya, 05 februari 1995 A: alamat tempat tinggal sekarang ? B: karang menjangan 6 no 34 A: kalo boleh bias di ceritakan riwayat pendidikan? B: kalo TK ku, TK Kristen Sejahtera Surabaya, SD awalnya SDK St. Yusup Surabaya terus kelas tiga pinda ke mojokerto ke SDK Wajana Sejati Mojokerto, SMP di SMP Katolik St. Yusup Mojokerto terus di lanjut SMAK St. Agnes Surabaya dan sekarang sedang menempuh pendidikan tinggi di UNAIR jurusan ilmu Administrasi Negara Fisip. A: oyah, organisasi yang diikuti sekarang apa ya ? B: sekarang ya itu.. staf KESMA, kesejahteraan mahasiswa Bem UA Surabaya A: jabatnnya dalam organisasi sebagai apa? B: anggota A: lama mengikuti organisasi ini sudah berapa lama? B: dua bulan (sambil tersenyum) A: oyah, kalau menurut tedjo organisasi itu apa sih..?? (saya memanggil informan dengan nama panggilan informan sendiri) B: organisasi itu pastinya yah,, sekumpulan orang yang lebih dari satu, pokoknya mereka itu menurutku sih punya satu tujuan. Nah untuk mewujudkan tujuannya itu mereka membentuk sebuah organisasi itu nah, nanti ada visi, ada misi yah pokoknya kaya gitu lah. A: kalo menurut Tedjo sendiri organisasi BEM itu kaya mana sih? B: kan kalo menurutku yah,, dari namanya aja BEM KM UNAIR, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Airlangga, jadi bem itu bukan hanya sekedar organisasi tapi juga ada ikatan di dalamnya kaya keluarga, jadi kaya keluarga semuanya itu, jadi kita bukan hanya menjalani proker tapi kita semua itu satu keluarga. A: kalau tentang divisi KESMA sendiri itu seperti apa? B: yah itu tadi,, maksudnya ngapain aja gitu? A: ia jadi kesma sendiri itu seperti apa? Fungsinya? B: ow kaya gitu. yah itu ada bagian beasiswa, ada bagian advokasi, terus juga ada yah kalo bagian beasiswa itu yah pastinya ngurus-ngurus beasiswa, kalo ada beasiswa yah pasti kita kasi tau anak-anak seluruh fakultas di unair kalau advokasi itu biasanya berhubungan dengan banding ukt kaya gitu,, pokoknya kalo anak-anak punya keluhan apa kita yang melayani mereka tapi yang terutama- utama itu tentang ukt. A: kalau menurut tedjo yang sebagai stafnya kesma, fungsinya organisasi buat tedjo sendiri itu apa? B: ouw,, ia fungsinya ya banyak yah, selain apa yah,, karena aku juga cuma baru kali ini ikut organisasi kaya gini jadi fungsinya ya aku di situ bisa belajar kaya mana karakternya orang-orang di situ kaya mana, pastinya tambah kenalan koneksi di situ pastinya, ya udah itu aja. A: tedjo sendiri di bagian divisi kesma sendiri tugasnya sebagai apa? B: ow, kalau aku sebagai advokasi yah itu sebagai yang banding ukt tadi itu. A: kalau manfaat yang sudah di rasakan sejak masuk organisasi ini atau manfaatnya kira-kira apa? B: aku jadi bisa ngerasai ya, kalo organisasi itu ternyata seperti ini loh dalamnya, kita itu masing-masing dalamnya ada program kerja, ada apa yah,, eeh,, suatu rancangan yang masing-masing induvidu itu merancang suatu rencana. Masing-masing itu ada rencana, ada tujuan yang ingin di capai dari rencana itu jadi masing-masing ngajui programnya sediri-sendiri terus kita bersama-sama mewujudkan rencana itu tadi. (informan menjawab sambil di selingi oleh tawa) A: proker apa aja yang sudah di jalani KESMA sendiri? B: kesma ini sendiri masih baru, ngelobi bagian keuangan sendiri di rektorat, ehmm.. kalo program kerja sih sebentar lagi mau ada kaya tenda advokasi kan bentar lagi ada penerimaan mahasiwa baru jadi kita udah mulai ngebentuk kepanitian buat tenda advokasi itu sendiri, udah. (di akhiri sambil tersenyum) A: pernah gak dapat hambatan? Misalnya jadwal berorganisasi dengan jadwal pelajaran akademik bertabrakan? B: sejauh ini belum, tapi kalau untuk kedepannya gak tau. (sambil tertawa) A: hal apa saja yang memotivasi kamu, buat kamu mau mengikuti organisasi? B: yah itu tadi,, pokonya aku suka berinteraksi sama orang lain jadi apa yah,, aku itu pengen kenal banyak orang gitu loh. Nanti kalau missal kita sudah kerja di luar sana, maksudku kan kalau ada relasi banyak itukan lebih mudah gitu loh jadi ada oarang-orang kasih tau, ada info ini itu kita bias tau,jadi kaya kata dosen ku teman itu asset gitu loh, jadi yah gitu lah. (sambil tertawa) A: terus, kalau tiba-tiba ada jam kulia yang bertabrakan dengan jam organisasi BEM sendiri kamu lebih memilih yang mana? B: yah jam kulia, tujuan utama paling no satu masuk UNAIR yah itu kuliah bukan organisasi. Setelah kulia yah baru organisasi, orang tua membiayayai kita itu bukan buat berorganisasi kalau menurut saya tapi buat kuliah yang kedua baru berorganisasi. Kita gak bolehlah missal ada kegiatan organisasi pas waktu itu ada jam kulia yang penting apa lagi ada mata kulia wajib tetap utamakan kulia. A: kalau menurut tedjo setelah mengikuti organisasi ini sendiri ada gak sih perubahan yang tedjo rasai dari cara berteman atau berinteraksi? B: kalau dari cara berteman yah tetap bias, yah tetap aja dasarnya aku suka berteman sama siapa aja tapi kalau di bilang ada perubahab yah,, Cuma tau kalau buat program kerja itu ternyata begini loh, gini-gini aja yang harus di lakui. A: ok, terimakasih buat waktunya sama kerja samanya. (sambil tersenyum) B: ia, sama-sama (sambil tersenyum) 4. Indepth Interview Kepada Informan Non-Subyek 2 Saya melakukan indepth interview kepada Aria Chandra yang merupakan teman dekat dan teman satu angkatan dan satu jurusan dari mahasiswa yang sedang mengikuti organisasi bernama Herfina Tedjo Warsito, Aria Chandra ini saya jadikan sebagai informan non-subyek karena dia mengetahui beberapa hal mengenai temannya tersebut dan memang merupakan teman dekat yang sering di ajak curhat tentang organisasi yang sedang di jalani oleh Herfina Tedjo Warsito itu sendiri. Wawancara ini saya lakukan pada hari jumat, tanggal 11 mei 2014 pukul 19.35 WIB. Jangka waktu wawancara yang saya lakukan yaitu selama 05 menit 20 detik. Wawancara tersebut saya lakukan di kamar informan yang berada di karangmenjangan enam no 34. Ketika wawancara hanya ada seorang teman sekamarnya yaitu Herfina Tedjo Warsito namun dia hanya melihat wawancara kami dan tidak berbicara walaupun kadang-kadang tertawa namun tidak ada masalah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang saya lakukan. Suasana ketika saya wawancara tersebut tidak terlalu berisik namun hanya ada suara televisi yang berasal dari dalam kamar kos informan. Adapun data yang saya peroleh dari hasil wawancara tersebut yaitu: A: Permisi ya, maaf ya mengganggu ini saya mau melakukan wawancara sama kamu tapi ini terkait Herfina Tedjo Warsito B: oh,, pasti ada A: tapi kalau boleh tau nama lengkapnya siapa? B: Nama lengkap saya Ariawati Dipankara Chandra A: jenis kelamin B: perempuan A: kalau boleh tau agama yang dianut apa? B: agama saya budha A: Alamat sekarang dimana? B: karang menjangan enam no tiga empat surabaya A: status sekarang sebagai apa ya? B: pekerja swasta A: terus tempat dan tanggal lahir sampean? B: mataram 24 agustus 1992 A: bisa ceritakan tentang pendidikan? B: yang terakhir di smk mater amabilis Surabaya, kalau tk lupa namanya tapi kalau sdnya dua kali saya yang pertama di bringin bendo sidoarjo sama sd kutorejo kertosono terus smpk stella maris. A: Kalau boleh tahu sejak berapa lama sudah mengenal Herfina Tedjo Warsito? B: sejak lima tahun yang lalu A: dulu tedjo pertama kali kenal sebelum ada organisasi itu seperti apa? B: pemalu itu aja, A: sejak sma dulu apakah tedjo aktif dalam berorganisasi? B: gak, dia begitu sama organisasi soalnya yang saya tau dia itu anaknya lebih focus ke pelajaran aja. Pernah sih mau coba organisasi tapi di tolak terus waktu sma apa lagi kalau mau daftar osis. A: tau gak organisasi yang di ikuti tedjo sekarang apa aja? B: yang saya tau cuma BEM, soalnya cuma itu aja yang saya ceritai A: pernah gak tedjo cerita tentang BEM? B: sekilas yang saya ingat dia bilang kalau BEM yang bagian kesehatan mahasisiwa itu tugasnya membantu mahasiswa yang kesusahan dalam pembayaran karena adalam kulianya dia itu ada sistim baru namanya pembayaran tunggal kalau gak salah, nah,, pembayaran tunggal itukan pembayarannya banyak ada yang biyaya yang banyak kadang sampai lima juta tapi berhubung kalo sekolah negerikan ada bantuan buat mahasiswanya yang kurang mamapu itu dapat mengajukan ke bagian kesama yah buat menurunkan sedikit biaya. Sehingga tugasnya mbak herfina ini membantu mahasiswa dan mendengar keluhan lalu melapor ke pihak sekolah. A: Sejak tedjonya mengikuti organisasi ada gak sih hal yang berubah? B: lebih cepat berinteraksi sekarang dia sama orang lain,, gak kaya dulu pemalu terus sekarang lebih berani kalau bicara itu aja yang saya perhatikan A: ok terima kasih yah buat waktunya mau di wawancara (sambil tersenyum) B: sama-sama mau yang lebih lengkap dengan hasil penelitian.. silakan kunjungi http://angelinalonda-fisip12.web.unair.ac.id mksh

Sabtu, 16 November 2013

danau kelimutu (danau cantik dari TIMUR)

sesuatu yang menakjubkan datang dari pulau Flores Nusa Tenggara Timur, yaitu Danau Kelimutu (menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992)yang terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere, Moni merupakan kota yang paling dekat terletak di kaki Gunung Kelimutu. memiliki keindahan yang tidak bisa di ragukan lagi di mana kelimutu ini merupakan gabungan nama yang memiliki arti "gunung yang mendidih". Awalnya Danau Kelimutu dikenal memiliki tiga warna, yakni merah, putih, dan biru yang di temukan pertma kali oleh Van Such Telen yang lahir pada masa hindia belanda yang merupakan peranakan dari bapak keturunan Belanda dan Ibu keturunan indonesia (Lio)yang merupakan suku di Flores. warna yang dimiliki oleh danau kelimutu mempunyai arti bagi masyarakat setempat yaitu Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung,danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal sedangkan Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

observasi visual perilaku subsistensi


Objek
Angle 1
Angle 2
Angle 3
Situasi fisik desa
-          Pintu gerbang desa
-          Hamparan lahan (lahan produktif)

-          Pemukiman penduduk
Situasi ekonomi desa
-          menanam
-          menyiangi
-          irigasi
-          proses jual-beli di pasar
Situasi penduduk
-          berkunjung di tetangga
-          kegiatan pkk
-          remaja masjid
-          karangtaruna
-          pulang  dan pergi bekerja
-          pulang dan pergi sekolah
Apa alasan petani tembakau di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember melakukan perilaku subsistensi?
Kondisi Ekonomi petani
-          Kondisi rumah
-          Kepemilikan barang berharga (perkakas rumah, alat transportasi, alat pertanian, lahan pertanian)
-          Seragam sekolah anak
-          Baju yang dipakai responden
Strategi apa yang dipilih petani tembakau dalam memenuhi kebutuhan subsistensi di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?
Mengikat sabuk lebih kencang
Kualitas makanan
-          Jenis makanan
-          Komposisi makanan
-          Membawa bekal
Pertanian tembakau
-          Komposisi Penggunaan pupuk
-          Kualitas pupuk
-          Kualitas bibit
-          Luas lahan yang digunakan
Alternatif subsistensi
Pekerjaan sampingan
-          Berjualan kecil-kecilan
-          Tukang becak
-          Tukang bangunan
-          Serabutan
Penggunaan sumber daya
-          Istri bekerja
-          Anak bekerja
-          Orang tua bekerja
Relasi atau jaringan
Hubungan sosial
-          Bekerja sama dengan petani lain dalam satu lahan (interaksi antara petani )
-          Berkunjung ke rumah saudara atau dikunjungi saudara (interaksi dengan sanak saudara)
-          Meminjam alat pertanian (interaksi dengan patron/klien)


Apa saja kendala petani tembakau dalam menerapkan stategi subsistensi di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?
Kondisi alam
-          Hujan
-          Panas
-          Bencana
Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pengimplementasian strategi subsistensi oleh petani tembakau di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?
Kondisi ekonomi
-          Kepemilikan barang berharga (lahan, alat transportasi, alat pertanian)
-          Tanda bukti hutang
-          Kondisi rumah
Kondisi sosial
-          Waktu anak sekolah
-          Waktu keluarga ke puskesmas
-          Pendidikan anak (foto wisuda, ijazah)